Pages

Selasa, 28 Mei 2013

SAKIT MATA PADA KUCING

Salah satu kondisi kucing mungkin menderita adalah mata berair. Seperti namanya, itu adalah keluarnya cairan dari mata kucing. Ini bisa menjadi gejala dari beberapa masalah yang berkaitan dengan kesehatan kucing, yang perlu perhatian segera. Debit cairan dari mata kucing adalah cairan bening. Keluarnya cairan ini hanyalah sebuah aliran abnormal air mata, disebut sebagai Epiphora.

Ada beberapa sebab terjadinya sakit mata, yaitu :
  1. Nasolacrimal Occlusion : Hal ini mengacu pada penyumbatan sistem pengeringan air mata. Ini adalah suatu kondisi di mana saluran air mata tersumbat dan dengan demikian sekresi normal yang melumasi bola mata tidak dapat mengalir dengan baik. Hal ini menyebabkan cairan keluar melalui mata kucing. Penyumbatan ini bisa terjadi pada jaringan mata yang tersumbat akibat luka kelopak mata atau cacat anatomi. Beberapa kendala yang mungkin terjadi karena kotoran mendapatkan bersarang di saluran.
  2. Over Produksi Air Mata : Ini kondisi hasil produksi berlebihan dari air mata. Overproduksi ini dapat disebabkan oleh iritasi mata atau kelenjar air mata. Iritasi mungkin disebabkan oleh bulu mata tumbuh dalam arah yang dekat dengan mata. Selain produksi yang abnormal dari air mata, jika ada jenis cairan yang keluar dari mata disertai dengan gejala lain, bisa menjadi tanda sebagai berikut:
  • Konjungtivitis : Dalam kondisi ini kucing akan memiliki mata merah dan bengkak bersama dengan beberapa debit. Herpes virus dan Feline Chlamydophila umumnya yang menyebabkan konjungtivitis pada kucing.
  • Infeksi Saluran Pernapasan Atas Feline : Sebuah batuk kucing, bersin, dll juga memiliki debit dari titik mata terhadap infeksi pernapasan. Infeksi ini dapat disebabkan oleh virus atau bakteri. Kucing sering bisa menjadi pembawa virus tanpa menunjukkan gejala apapun.
  • Uveitis : Struktur internal dari mata bisa menjadi meradang dalam kondisi ini. Kelainan ini menyakitkan bagi si kucing dan dapat menyebabkan kebutaan. Mata yang terkena akan cenderung berair dan kucing akan juling.
  • Dry Eye : Cedera pada saraf tertentu dan kelenjar air mata itu sendiri bisa menyebabkan mata kering.
Pengobatan untuk Mata Berair
  1. Tergantung dari kasus yang terjadi di mata kucing jika ringan seperti iritasi (mata merah) dan iritasi lainnya bisa menggunakan obat yang bisa kita beli sendiri, misal Gentamicin 0,3% (salep/tetes), Erlamycetin Chloramphenicol (saleb/tetes) dan Colme.
  2. Jika terkena Feline Herpesvirus (FHV-1) yang sering menyerang anak kucing, Lysine sangat baik untuk mencegahnya, dimana asam aminonya bisa menghambat replikasi virus FHV-1
  3. Untuk kasus yang berat, misal pembengkakan mata yang disertai dengan keluarnya nanah, lebih baik ke dokter hewan untuk pemberian antibiotik dan obat mata yang hanya bisa dengan resep dokter

0 komentar:

Poskan Komentar