Pages

Selasa, 28 Mei 2013

MENGATASI KUCING YANG DITINGGAL INDUKNYA


Memelihara Anak Kucing yang baru saja dilahirkan memang repot, apalagi kondisi anak kucing masih menyusui dan ditinggal mati oleh indukannya, kita kadang bingung apa yang harus kita lakukan.atau suatu waktu saat anda tengah berjalan pulang dari tempat kerja atau kuliah menuju rumah anda, anda menemukan seekor anakan kucing dengan muka memelas sendirian di pinggir jalan ditinggalkan induk dan saudara-saudaranya. Anda berusaha mengabaikannya dan terus melangkah maju, lalu anda mendengarkan suara meongnya yang mengetuk hati nurani anda, dan membuat anda berjalan kembali untuk mengadopsinya.Tentu untuk orang awam, atau pertama memelihara kucing pasti bingung apa yang harus dilakukan ntuk menyelamatkan nyawa si anak kucing yang imut-imut ini.Mungkin tips ini bisa membantu teman-teman semua para pecinta kucing.


Peralatan yang dibutuhkan :
  • Dot khusus kucing bisa di beli di petshop harga variatif tergantung bahan yang digunakan, kisaran harga mulai 15rb s/d 40 rb
  • Jika kesulitan bisa menggunakan pipet bekas obat atau menggunakan spet suntik yg berukuran 2 ml hilangkan jarumnya, ujung diberi karet pentil.
  • Susu formula untuk kucing, susu formula ini bisa menggunakan susu khusus untuk kucing atau bisa menggunakan susu untuk bayi usia 0-1 bulan yang non laktosa.
Macam-macam susu khusus untuk kucing :
Susu Khusus Kucing :
  • KMR 
  • D-KITTY 
  • Go Go 
Susu Untuk Bayi Non Laktosa
  • SGM LLM 
  • SGM Soya 
  • SIMILAC 
  • Nutrilon Soya 
  • NAN (nesle) 
  • Vitalac BL 
  • Isomil 
  • Enfamil 
  • Bebelac FL 
Cara pemberian susu formula kepada anak kucing:
  1. larutkan susu formula dengan air (susu yang berupa bubuk) dengan air hangat dengan suhu 38 celcius. Jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin 
  2. bisa menambahkannya dengan sedikit mentega 1/4 sendok makan dan 1/2 sendok makan gula pasir 
  3. tuangkan susu tersebut kedalam wadah minum kucing (jika kucing sudah berumur 3 bulanan) 
  4. apabila umur kucing kurang dari 3 bulan, untuk menyuapi susunya anda bisa membeli dot khusus untuk anak kucing/pipet/gunakan kapas basah dan diteteskan perlahan. 
  5. untuk kucing berumur lebih dari 3 bulan, cukup 1 hari sekali sedangkan untuk kucing dibawah 3 bulan, beri 3 kali sehari (dalam tetes dot) 
  6. Seduh susu formula tersebut dengan takaran 3-4 sendok makan 250-300 cc 
  7. Susu tersebut hanya untuk satu hari. Kalau sehari tidak habis, ya buang, jangan diberikan lagi untuk keesokan harinya. 
  8. Yang perlu diperhatikan jangan menyuapi minuman langsung secara lurus ke dalam rongga mulutnya, teteskan perlahan dari SAMPING mulutnya, pemberian minum secara lurus langsung bisa mengakibatkan air masuk ke rongga paru-paru si kucing. 
  9. Berdasarkan pengalaman, si kucing akan menyusu hingga usia 2 bulanan. Setelah itu bisa anda stop susunya. Namun ini hanya pengalaman saya saja, secara lebih jelasnya anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan anda 
Demikian tips yang bisa saya berikan, semoga membantu

14 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih ya. di kamar ane ada anak kucing sendirian lagi, ga ada induknya @___@ pusing gw gan cara ngrawatnya gimana.

REAKhawarizmi's window mengatakan...

Keren, trims ya... ada anak kucing di samping rumah, nggak ada induknya, karena baru, jadi saya nggak ngerti gimana cara ngurusnya, sekarang kucingnya udah bobok... hehe

Unknown mengatakan...

Makasih infonya ya.... seminggu yang lalu nemu 4 anak kucing baru lahir yang hampir kehujanan, saya bawa pulang kebetulan ada induknya. Tapi kemarin sore 3 anak kucing ama induknya udah ga ada lagi di rumah. Syaangnya 1 anak kucing di tinggalin, induknya ga datang2 lagi. Kasihan.... mudah2an saya bisa ngerawatnya

Sherenadha mengatakan...

kucing ku nelen karet pentil yang dipake buat kasih susu, itu gimana ya ? :'(

fdk12,,, mengatakan...

Jadi mskdnya, pake susu formula bayi juga gapapa asalkan susunya itu non Laktosa?

Unknown mengatakan...

Thx gan bermanfaat bgt .
gw sempatpusing ngurusin anak kucing yg di tinggal ama induknya ..
tp skrng udh kga berisik lagi :) heheh

Unknown mengatakan...

Wah thanks buat tipsnya sangat membantu :)

Unknown mengatakan...

kucingnya berontak terus gak mau minum susu. apa dia udah kenyang ya?

Unknown mengatakan...

ok deh gw coba, thx infonya gan,, gk tega jg nih liat anak kucing.
dasar emak kucing gk tanggung jawab, ninggalin anak di dpan kamar gw.
gw doain cepet insaf tuh emak bapaknya kucing.,

laptopmerah mengatakan...

Thanks gan infoh nya, induk kucing habis lahiran mogok makan, hampir mo mati, ane bawa kedokter, nyampe dirumah dia malah pergi gak tau kemana.... anak2 nya ditinggal... hadeehhh... sempet bingung mo diapain.

Unknown mengatakan...

makasih info nya gan..kucing gw udh tua tp masih hamil dan kmren lahiran. tp siap lahiran dia malah gak mau nyusuin dan dia gak mau dekatin anaknya..-_-

Unknown mengatakan...

Thanks infonya ya kak :)

Watch movie
Watch movie HD
Watch movie online

Unknown mengatakan...

kak mau tanya. saya sdang merawat anak kucing sekarang. tiba2 kulitnya memerah dan sperti iritasi. skng muncul warna kecoklatan pada kulitnya. itu kenapa ya dan bagaimana solusinya? terimakasih

Unknown mengatakan...

Anak kucingku aku kasih sgm 1plus vanila 😣 nanti lah aku ganti sgm soya

Posting Komentar