Pages

Selasa, 28 Mei 2013

MENGATASI JAMUR PADA KITTEN


Kadang kala kita sebagai pemilik KUCING bingung sendiri jika anak kucing (KITTEN) terserang jamur pada tubuhnya. Kitten dalam kondisi lemah yang belum genap berumur 1-1,5 bulan belum boleh dimandikan. Anak-anak kucing dengan daya tahan tubuh rendah rentan terkena jamur apalagi pada masa musim hujan dimana kelembapan udara meningkat sehingga jamur tumbuh subur. Biasanya anak kucing tertular jamur dari induknya atau kucing-kucing lain. Membasmi jamur harus secara tuntas termasuk induk dan kucing lain yang sedang terinfeksi.
Produk yang digunakan sebagai pembasmi jamur harus produk yang aman dipakai untuk kitten dan komposisinya tanpa bahan kimia atau zat tambahan lain, dengan kata lain bersifat alami (HERBAL).

Pada prinsipnya, cara menanggulangi jamur adalah menghentikan perkembangbiakannya dengan mengganggu pembelahan sel-sel jamur sehingga organisme tersebut mati dengan sendirinya. Jamur yang aktif bereproduksi memberi rasa gatal yang sangat. Untuk mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan bisa dengan memberi bahan-bahan alami yang mengandung anthihistamin dan antiseptik seperti :
  • daun mint 
  • daun sirih 
  • Cengkeh 
  • jeruk nipis 
  • minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil/VCO) 
  • lengkuas merah 
  • jahe 
  • Daun Sambiloto 
Cara membuatnya dengan meremas-remas atau parut halus daun maupun rimpang tanaman tadi dan balurkan pada bagian yang terserang jamur secara rutin 2 kali sehari. Bisa juga dengan mencampurkan beberapa bahan sekaligus seperti VCO, jahe, lengkuas merah, dan sebagainya, kemudian dihaluskan.
  1. Setiap pagi anak kucing dijemur 15 menit pada jam 7-9 pagi saat sinar matahari tidak terlalu terik. 
  2. Pada kondisi kulit yang cukup parah hingga berkerak, lepaskan kerak lebih dulu dengan mengoleskan VCO dan sisir perlahan.
  3. Kandang serta lingkungan juga harus dalam keadaan bersih dan kering.
  4. Semprotkan desinfektan secara rutin dan jauhkan dari bahan-bahan yang mudah ditumbuhi jamur seperti kayu.
  5. Sempatkanlah menjemur kandang di terik matahari
Cara Efektif untuk Menumpas Jamur Pada Kucing 
Jika kucing anda terserang jamur gunakanlah resep dan tahap penyembuhan sebagai berikut :
Persiapkan bahan-bahan sebagai berikut (wajib ada dan harus tersedia di P3K)
  1. VCO (Virgin Coconut Oil)
  2. Minyak Tawon, gunakan minyak tawon dengan code DD/EE/FF karena di kode ini tidak mengandung ekstrak lombok yang aman jika terjilat oleh kucing.
  3. Shampoo Anti Jamur (Tick and Flea) usahakan mencari shampoo anti jamur yang mengandung : Belerang (Sulfur) dan Salicylic Acid
Cara Pemakaian :
  1. Campur M. Tawon dan VCO dengan perbandingan 1 : 1 kocok hingga rata
  2. Oleskan di daerah yang terkena jamur atau di daerah yang terindifikasi terkena jamur
  3. Oleskan sambil dipijat pelan-pelan
  4. Lakukan Pagi dan Malam hari
  5. Lakukan hal ini selama 4 hari berturut-turut
  6. Pada hari ke-5 mandikan kucing dengan shampoo anti jamur, mandikan seperti biasa.
  7. Sebelum memandikan baca baik-baik petunjuk pemakaian Shampoo Anti Jamur yang tertera pada label produk tersebut, yang sering dilakukan oleh pemakai adalah tanpa membaca petunjuk pemakaian yang tertera di label, sehingga Shampoo tersebut tidak berfungsi secara maksimal.
  8. Usahakan memandikan di pagi hari, sehingga ada kesempatan kita untuk menjemur kucing di sinar matahari (penjemuran usahakan jam 7-9 pagi)
  9. Hari ke-6 periksa kembali daerah yang terkena jamur tadi
  10. jika masih belum sembuh lakukan tahap awal lagi, sampai jamur sembuh
Yang Perlu Diperhatikan :
  1. Kucing perlu vitamin dosis tinggi untuk mempercepat ketahanan tubuhnya (imune), asupan vitamin tidak boleh telat, berikan setiap hari dalam masa penyembuhan
  2. Lingkungan yang bersih menunjang untuk mempercepat penyembuhan terhadap jamur tersebut, jika lingkungan kotor terutama di daerah kandang atau kandang itu sendiri, percuma kita menyembuhkannya karena jamur akan menular lagi di kucing.

1 komentar:

Sure You Know mengatakan...

nice share gan

Poskan Komentar